Mengedit Mengatur Form Java di Netbeans

Setelah kita bisa dan paham tentang pemrograman java, pasti hal yg pertama kita ingin lakukan adalah membuat aplikasi yang ada tampilannya GUI, namun bila pertama kali kita membuat Form GUI di Netbeans maka akan merasa kesulitan dalam meletakkan pallete-palletenya karena dengan netbeans itu dimaksudkan supaya kalo form di resize maka komponen yang ada didalamnya juga ikut ngikuti form tersebut, jadi dilihatnya tetap indah. namun bila pertama akan terasa susah,namun bila sudah tahu cara penggunaannya maka akan sangat mudah dan cepat serta hasilnya akan memuaskan. karena kalo dijelaskan dengan bahasa kadang ada yang masih belum paham karena perbedaan dalam memahami tulisan, jadi kemaren saya buat sreencastnya dan sudah saya upload di youtube, jadi dapat dilihat bagaimana cara mengatur isi form di java menggunakan Netbeans.

Ada kalimat yang saya kutip dari Buku Netbeans 5.0 yang diterbitkan oleh AndiPublisher yang mungkin dengan membacanya akan mudah memahami screencastnya :

perhatikan garis bantu pututs putus yang ditampilkan, tepat ketika garis bantu muncul maka lakukan klik mouse untuk meletakkan komponen jpanel.
garis bantu horisontal menunjukkan margin atas yang disarankan, sedangkan garis bantu vertikal menunjukkan margin kiri yang disarankan.



semoga bermanfaat. oh ya disreencast mungkin cuman diam tidak ada suara karna saya harapkan backsoundnya anda dapat memilih sendiri di winamp supaya dalam melihat dan mempraktekan screencast dengan relax bersama musik kesukaan anda. :D

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 41 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: